Profil Kecerdasan Moral Pada Remaja (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas Xii Madrasah Aliyah Al Mabrur Wahai Tahun Ajaran 2020/2021)

Laturumasoreng, Winda Irmiati (2020) Profil Kecerdasan Moral Pada Remaja (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas Xii Madrasah Aliyah Al Mabrur Wahai Tahun Ajaran 2020/2021). Naskah Publikasi Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (284kB)

Abstract

Winda Irmiati Laturumasoreng. 2020. Profil Kecerdasan Moral Remaja (Studi Deskriptif Pada Peserta Didik Kelas XII Madrasah Aliyah Al Mabrur Wahai Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Kecerdasan moral cerminan kematangan emosional dan kepribadian terbimbing. Pentingnya kebaikan-kebaikan untuk kecerdasan moral akan melindungi anak agar tetap berada di jalan yg benar dan membantu anak agar selalu mengutamakan moralnya dalam setiap tindakan, hal inilah yang menjadi fokus pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil kecerdasan moral peserta didik MA Al Mabrur Wahai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi deskriptif. Sampel dalam peniltian berjumlah 35 orang yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner kecerdasan moral yang berjumlah 70 pernyataan. Analisis data menggunakan skala likert penilaian kecerdasan moral dan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan Software SmartPLS 3.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, berdasarkan penilaian kecerdasan moral borba menujukkan pengarahan 50%, cukup bagus 40%, ada masalah 9% dan 1% bahaya. Kedua, dari ketujuh aspek kecerdasan moral yang masih bermasalah yaitu empati dan kontrol diri, Ketiga, indikator empati yang masih bermasalah terletak pada memahami perasaan orang lain dan memberikan respon yang tepat terhadap kesedihan orang lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpusatkaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan moral, peserta didik, SmartPls
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling
Depositing User: prodi Bimbingan Konseling UMBY
Date Deposited: 10 May 2021 03:09
Last Modified: 10 May 2021 03:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11448

Actions (login required)

View Item
View Item