Pengaruh Leverage, Likuiditas Dan Aktivitas Terhadap Financial Distress (Studi Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Dalam Masa Pandemi Covid-19)

Rahmadhani, Sri (2021) Pengaruh Leverage, Likuiditas Dan Aktivitas Terhadap Financial Distress (Studi Pada Perusahaan Restoran, Hotel Dan Pariwisata Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Dalam Masa Pandemi Covid-19). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi. pp. 1-10.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh rasio leverage, likuiditas dan aktivitas terhadap financial distress pada perusahaan restoran, hotel dan pariwisata yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam masa pandemi Covid-19. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari laporan keuangan perusahaan restoran, hotel dan pariwisata yang terdaftar di BEI periode triwulan 1, triwulan 2 dan triwulan 3 pada tahun 2020.
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah financial distress. Variabel independen dalam penelitian ini adalah leverage dengan proksi debt ratio, likuiditas dengan proksi current ratio dan aktivitas dengan proksi total asset turn over. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sample. Jumlah sampel yang terpilih sebanyak 32 perusahaan dari jumlah populasi 35 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode regresi berganda dan uji asumsi klasik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa leverage tidak berpengaruh berpengaruh terhadap financial distress. Likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress. Aktivitas berpengaruh negatif signifikan terhadap financial distress.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Financial Distress, Leverage, Likuiditas, Aktivitas
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 21 Jun 2021 03:41
Last Modified: 21 Jun 2021 03:41
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11509

Actions (login required)

View Item
View Item