Pengaruh Penambahan Bubuk Kunir Putih (Curcuma Mangga Val.) Dan Baking Powder Terhadap Tingkat Kesukaan, Sifat Fisik Dan Kimia Stick Mocaf-Terigu

Lestari, Ayu Eka (2021) Pengaruh Penambahan Bubuk Kunir Putih (Curcuma Mangga Val.) Dan Baking Powder Terhadap Tingkat Kesukaan, Sifat Fisik Dan Kimia Stick Mocaf-Terigu. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
JURNAL PUBLIKASI.doc

Download (194kB)

Abstract

Pangan Stick mocaf-terigu merupakan produk pangan fungsional yang dapat dikembangkan untuk mendorong pengoptimalan bahan lokal dan diversifikasi camilan. Penambahan bubuk kunir putih yang kaya sumber antioksidan diyakini mampu meningkatkan nutrisi pada stick mocaf-terigu sehingga memiliki manfaat bagi kesehatan. Baking powder yang ditambahkan diharapkan mampu memperbaiki kualitas produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini adalah dihasilkannya produk stickmocaf-terigu yang mempunyai aktivitas antioksidan dan disukai. Penambahan bubuk kunir putih dan baking powder mampu meningkatkan tekstur dan nilai a* dan b* produk. Stick mocaf-teriguterpilihmemiliki nilai gizikadar air 3,19%, kadar abu 1,64%, kadar protein 6,30%,kadar lemak 30,62% kadar karbohidrat 58,25%, aktivitas antioksidan 29,80 %RSA, dan fenol 27,37 mg GAE/g. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan jika ada pengaruh nyata terhadap sifat fisik, kimia dan kesukaan pada produk stickmocaf terigu yang ditambah bubuk kunir dan baking powder-terigu.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Pangan fungsional, stick mocaf-terigu, bubuk kunir putih, baking powder
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 14 Jun 2021 02:51
Last Modified: 14 Jun 2021 02:51
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item
View Item