Indrawati, Dwi (2021) Pembelajaran Konsumen Melalui TikTok (Studi Kasus Akun TikTok Jogjafoodhunter). Pembelajaran Konsumen Melalui TikTok (Studi Kasus Akun TikTok Jogjafoodhunter). pp. 1-15.
NASKAH PUBLIKASI.docx
Download (30kB)
Abstract
Untuk melakukan keputusan pembelian ulang suatu produk, hal yang mendasari seseorang adalah pembelajaran. Pembelajaran ditimbulkan dari sebuah pengalaman yang mengakibatkan perubahan perilaku seseorang. Pengalaman tersebut bisa datang dari pengalaman pribadi maupun orang lain, jika pengalaman yang didapatkan konsumen sangat puas maka konsumen akan melakukan keputusan pembelian ulang. Rancangan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan fenomena tersebut secara mendalam. Hasil dari penelitian ini bahwa proses pembelajaran konsumen dalam memilih tempat makan melalui akun TikTok Jogjafoodhunter dilakukan dengan beragam cara sesuai dengan latar belakang dan keinginan yang muncul dari dalam diri masing-masing. Oleh karena itu tidak mengherankan jika proses pembelajaran yang dilakukan oleh orang dengan beragam latar belakang menjadi tampak berbeda-beda. Walaupun demikian secara garis besar peneliti menganalisa kebutuhan dasar dari setiap orang dalam proses pembelajaran adalah kebutuhan akan tempat yang bagus dan kebutuhan akan makanan yang enak. Selain itu, bahwasannya video yang menarik, harga yang murah, akses ke tempat makan dan juga rekomendasi atau review di kolom komentar menjadi faktor penguat konsumen dalam melakukan pembelajaran
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan Kampus 3 UMBY |
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran konsumen, media baru, TikTok. |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 07 Mar 2022 00:37 |
Last Modified: | 07 Mar 2022 00:37 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/11775 |