EFEKTIVITAS PELATIHAN ONLINE RESILIENSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN PT. TELKOM AMBON

Sesa, Oratri Christy Gloria (2021) EFEKTIVITAS PELATIHAN ONLINE RESILIENSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KARYAWAN PT. TELKOM AMBON. Tesis thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of TESIS FULL TEXT] Text (TESIS FULL TEXT)
Tesis_Oratri Christy Gloria Sesa_PIO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas layanan jasa telekomunikasi dalam situasi pandemi saat ini harus
dapat diandalkan karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Penambahan
kemampuan resilensi dengan pelatihan diyakini dapat meningkatkan kualitas
layanan yang diberikan oleh karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas pelatihan online resiliensi dalam meningkatkan kualitas
pelayanan karyawan di Perseroan Terbatas Telkom Ambon. Desain penelitian ini
menggunakan desain dua kelompok yaitu Pretest-Posttest Kontrol Group Design,
dengan subjek penelitian berjumlah 12 orang dimana 6 orang merupakan bagian
dari kelompok kontrol dan 6 orang merupakan kelompok eksperimen. Pelatihan
online resiliensi terdiri dari 5 sesi sesuai dengan aspek resiliensi dari Reivich dan
Shate yaitu regulasi emosi, pengendalian impuls, analisis kausal, efikasi diri,
realistis dan Optimis, Empaty, dan keterjangkauan. Data penelitian dikumpulkan
dengan skala kualitas pelayanan, dengan koefisien reliabilitas alpha chronbach
sebesar 0,895. Hasilnya terdapat perbedaan kualitas pelayanan pada kelompok
eksperimen yang diberi pelatihan online resiliensi dibandingkan kualitas
pelayanan pada kelompok kontrol berdasarkan hasil signifikansi dari uji mann
withney dimana taraf signifikansi p sebesar 0.004 (p<0,05) yang berarti bahwa
kualitas pelayanan kelompok eksperimen lebih tinggi setelah diberikan intervensi
berupa pelatihan online resiliensi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang
tidak diberikan pelatihan. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini adalah
pelatihan online resiliensi efektiv meningkatkan kualitas pelayanan karyawan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pelatihan Online Resiliensi, Telkom
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Magister Psikologi Profesi
Depositing User: Magister Psikologi Profesi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:43
Last Modified: 07 Jan 2022 09:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item
View Item