PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2018 YOHANES M VIANEY L BUPU

Bupu, Yohanes M Vianey L (2021) PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2016-2018 YOHANES M VIANEY L BUPU. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU] Text (BAB SATU)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Profitabilitas perusahaan dapat dipengaruhi oleh banyak faktor keuangan yang dapat diukur dengan menggunakan rasio perputaran modal kerja diantaranya adalah perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan. Keberhasilan suatu perusahaan dalam memperoleh laba dapat dilihat dari kesuksesan dan kemampuan perusahaan menggunakan modal kerja secara produktif. Hal ini dikarenakan perputaran modal kerja merupakan hal yang pernting dalam aktiva yang memang harus dikelola oleh perusahaan dengan efektif dan efisien. Investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan diharapkan dapat kembali dalam waktu singkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran modal kerja yang terdiri dari perputaran kas, perputaran piutang, dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kausal berupa hubungan sebab akibat antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sumbernya yaitu www.idx.co.id. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria sampel yang telah ditetapkan maka diperoleh sebanyak 15 perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI pada periode 2016-2018. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Kesimpulan penelitian diperoleh hasil bahwa secara simultan variabel perputaran modal kerja yang berupa perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Secara parsial perputaran kas dan perputaran persediaan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan perputaran piutang tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:48
Last Modified: 06 Jan 2022 04:48
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item
View Item