Analisis Pengaruh Cash Position, Firm Size, Sales Growth, Ownership, Dan Return On Asset Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi (Consumer Goods) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020

Sinaga, Roynaldo (2021) Analisis Pengaruh Cash Position, Firm Size, Sales Growth, Ownership, Dan Return On Asset Terhadap Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Barang Konsumsi (Consumer Goods) Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2020. Naskah Publikasi Program Studi Manajemen.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKSI] Text (NASKAH PUBLIKSI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cash position, firm size, sales growth, ownership dan return on asset secara parsial maupun simultan terhadap dividend payout ratio. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi dividend payout ratio, namun pada penelitian ini, peneliti hanya mengambil lima variabel yaitu cash position, firm size, sales growth , ownership dan return on asset. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Subjek penelitian adalah perusahaan manufaktur subsektor barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Dari 32 perusahaan terdapat 18 perusahaan yang sesuai kriteria sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Cash Position berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, Firm Size berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, Sales Growth tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, Ownership berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio, Return On Asset berpengaruh signifikan terhadap Dividend Payout Ratio dan secara simultan variabel Cash Position, Firm Size, Sales Growth, Ownership dan Return On Asset berpengaruh signifikan terhadap Dvidend Payout Ratio.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Persepsi Harga, Promosi, Kualiatas Pelayanan dan Keputusan pembelian
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 05 Jan 2022 05:26
Last Modified: 05 Jan 2022 05:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12507

Actions (login required)

View Item
View Item