Manajemen Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Sinergi Coworking Office Space Yogyakarta)

Laksamana, Bima (2021) Manajemen Komunikasi Organisasi (Studi Kasus Sinergi Coworking Office Space Yogyakarta). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi Bimaa.docx

Download (40kB)

Abstract

Pertumbuhan coworking space saat ini kian marak di Indonesia, ditambah lagi situasi Pandemi Covid-19 yang menerpa sejak awal Tahun 2020 lalu. Sinergi Coworking Office Space yang hadir di Yogyakarta turut memiliki iklim organisasi perusahaan didalamnya. Guna memastikan alur komunikasinya berjalan dengan baik maka diperlukan adanya upaya manajemen komunikasi yang efektif pula.
Penelitian berbasis deskriptif kualitatif ini mengkaji bagaimana manajemen komunikasi didalam Sinergi Coworking Office Space Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya perolehan data dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sinergi Coworking Office Space dalam implementasi manajemen komunikasinya menitikberatkan pada penggunaan pola komunikasi struktural, serta dalam mengkomunikasikan rencana kerjanya merujuk pada tahapan manajemen komunikasi yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan pengendalian. Sinergi beranggapan tindakan ini dinilai sebagai bentuk komunikasi yang efektif sehingga proses pertukaran pesan berlangsung secara baik didalam tubuh manajemen Sinergi.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Sinergi Coworking Office Space, Manajemen Komunikasi, Organisasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 14 Jan 2022 04:59
Last Modified: 14 Jan 2022 04:59
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12712

Actions (login required)

View Item
View Item