Penggunaan Media Sosial Instagram @Lor.Coffee Sebagai Sarana Promosi Kafe Lor Coffee And Experience Yogyakarta

Rahmadini, Syahiida (2021) Penggunaan Media Sosial Instagram @Lor.Coffee Sebagai Sarana Promosi Kafe Lor Coffee And Experience Yogyakarta. Penggunaan Media Sosial Instagram @Lor.Coffee Sebagai Sarana Promosi Kafe Lor Coffee And Experience Yogyakarta. pp. 1-9.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI - SYAHIIDA RAHMADINI-190720417.docx

Download (35kB)

Abstract

Saat ini bisnis yang sedang berkembang di Indonesia, khususnya Yogyakarta adalah bisnis kuliner minuman kopi. Melihat peluang ini, kemudian salah satu pebisnis Yogyakarta memanfaatkan dengan membuka bisnis kuliner minuman kopi yang bernama Kafe Lor Coffee and Experience. Untuk memperkenalkan bisnisnya ini, Kafe Lor Coffee and Experience menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana promosinya karena Instagram merupakan media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia hingga mencapai 85 juta pengguna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Kafe Lor Coffee and Experience Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, sumber data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian mengenai Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi yang dilakukan oleh Kafe Lor Coffee and Experience Yogyakarta ini menggunakan indikator yakni bauran promosi berupa periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, public relations, pemasaran langsung. Serta fitur yang digunakan Instagram yaitu follow, foto, caption, mention, hastags, geotagging, like. Pada periklanan, fitur yang digunakan oleh Kafe Lor Coffee and Experience ini adalah Instagram ads, foto, caption, hastags, jejaring social dan geotagging. Dengan menggunakan fitur tersebut dapat memperluas target pemasaran. Kemudian pada promosi penjualan, fitur yang digunakan oleh Kafe Lor Coffee and Experience ini adalah follow, foto, caption, geotagging, like, hastags, dan mention dari pelanggan. Dengan menggunakan fitur tersebut dapat mendorong calon pelanngan untuk tertarik dan membeli. Pada penjualan personal, Kafe Lor Coffee and Experience ini langsung menawarkan promosi saat pelanggan dating ke kafe dengan tujuan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan memperoleh pesanan. Lalu, pada public relations, Kafe Lor Coffee and Experience ini menggunakan fitur follow, foto, caption, mention dengan tujuan untuk meningkatkan citra perusahaan. Terakhir yaitu pemasaran langsung, Kafe Lor Coffee and Experience ini menggunakan fitur caption pada direct message dengan memberi pesan kepada calon pelanggan untuk menawarkan promosinya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Social, Instagram, Sarana Promosi, Kafe,
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:36
Last Modified: 21 Jan 2022 04:33
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item
View Item