Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan E-Worksheet Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Kurniawan, Rudy (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan E-Worksheet Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning Berbantuan E-Worksheet Interaktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. pp. 1-15.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-Worksheet interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Teorema Pythagoras dilihat dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 12 Yogyakarta pada kelas VIII-E sebagai kelas penelitian. Adapun instrumen yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), soal tes akhir, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aspek kevalidan dari validator ahli materi maupun ahli media dikategorikan baik; (2) Aspek kepraktisan untuk uji respon siswa pada kelas penelitian dikategorikan baik; (3) Aspek keefektifan dengan skor rata-rata yang melebihi nilai Kriteria Kelulusan Minimum (KKM) sekolah dikategorikan baik sehingga Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-Worksheet dikatakan interaktif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi Teorema Pythagoras dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: LKPD , PBL, Pemecahan Masalah, ADDIE, Teorema Pythagoras
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:30
Last Modified: 16 Jan 2024 03:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/13779

Actions (login required)

View Item
View Item