Sistem Informasi Potensi Individu (SIMPOSIDU)

Hadi, Abdul (2020) Sistem Informasi Potensi Individu (SIMPOSIDU). [Teaching Resource]

[thumbnail of Modul]
Preview
Text (Modul)
MODUL SIMPOSIDU SMK NEW.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Segala puji kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga sisem aplikasi SIMPOSIDU (Sistem Informasi Potensi Individu) dapat diimplementasikan pada Peserta didik di lingkungan SMK dan SMA. SIMPOSIDU ini dikembangkan untuk memfasilitasi layanan Bimbingan dan Konseling.
Layanan Bimbingan dan Konseling merupakan layanan yang sistematis, obyektif, logis dan berkelanjutan serta terprogram. Hal ini terkait dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik untuk mencapai kemandirian. Pengertian tersebut dapat dimaknai layanan bimbingan dan konseling seyogyanya mampu memahami, menerima, mengarahkan, mengambil keputusan dan merealisasikan diri secara bertanggung jawab sehingga dapat tercapai kebahagiaan dan kesejahteraan dalam kehidupan peserta didik. Oleh karena itu sistem informasi ini diharapkan mampu membantu peserta didik dan Guru BK (Konselor) dalam mengumpulkan data profil dan berbagai aktivitas peserta didik baik akademik maupun non akademik. Pengembangan Sistem Informasi Potensi Individu (SIMPOSIDU) berlandaskan Permendikbud RI, No. 111 Th. 2014 pasal 8 mengenai mekanisme pengelolaan layanan Bimbingan dan Konseling. Mekanisme tersebut sebagai bahan instrumentasi pengumpulan data dalam pemecahan masalah peserta didik. Selain itu SIMPOSIDU sesuai dengan implementasi Surat Edaran Mendikbud No. 14 Th. 2019 sebagai salah satu program KEMDIKBUD tentang Merdeka Belajar, yaitu memberikan keleluasaan dalam pendidikan baik bagi Peserta didik, guru, maupun sekolah dalam mengembangkan kualitasnya.
Sistem informasi ini dikembangkan dengan harapan memberikan manfaat khususnya bagi peserta didik dan umumnya bagi Guru BK (Konselor). Selain itu sistem informasi ini dapat membantu mengidentifikasi profil dan kejadian/aktivitas peserta didik selama menempuh pendidikan di SMK/SMA. Pada akhirnya sistem Informasi potensi individu (SIMPOSIDU) mampu menjadi salah satu instrumen pendidikan dalam mendukung tujuan pendidikan nasional.

Item Type: Teaching Resource
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling
Depositing User: prodi Bimbingan Konseling UMBY
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:43
Last Modified: 10 Jan 2022 04:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item
View Item