Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kebijakan Deviden (Studi kasus pada perusahaan Manufaktur Sektor Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Martins, Maria Teresa Grace Celeste (2021) Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kebijakan Deviden (Studi kasus pada perusahaan Manufaktur Sektor Barang dan Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansu.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI (1).docx

Download (99kB)

Abstract

Menurut Brigham dan Houston (2010) rasio keuangan dirancang untuk membantu menganalisis laporan keuangan. Analisis menggunakan rasio merupakan hal yang sangat umum dilakukan, dimana hasilnya memberikan gambaran kinerja operasi perusahaan salah satunya terkait dengan kebijakan dividen. Penenlitian ini bertujuan untuk menguji dan untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas, rasio profitabilitas, rasio solvabilitas terhadap kebijakan dividen pada perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia 2018-2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif. Adapun populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI sektor bidang barang dan konsumsi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling (Sampel Pertimbangan), sehingga sampel yang didapatkan sebanyak 37 perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia 2018-2020. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multiple Linear Regression Analysis dengan alat bantu pengujian ini menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil hipotesis ini menunjukan bahwa 1) Rasio Likuditas yang diproksikan dengan Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR). 2) Rasio Profitabilitas (ROE) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR). 3) Rasio Solvabilitas (DER) berpengaruh signifikan terhadap kebijakan dividen (DPR).

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 20 Jan 2022 02:52
Last Modified: 20 Jan 2022 02:52
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14146

Actions (login required)

View Item
View Item