PENERAPAN METODE PASSING BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI PERMAINAN GAWANG SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR SISWA KELAS 7A MTSN 6 SLEMAN

Nuryanta, Heri (2021) PENERAPAN METODE PASSING BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI PERMAINAN GAWANG SEGITIGA UNTUK MENINGKATKAN PROSES BELAJAR SISWA KELAS 7A MTSN 6 SLEMAN. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak skripsi.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V1.pdf

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTA.pdf

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (799kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
revisi skripsiku.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan passing siswa yang masih
sangat rendah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
kemampuan passing menggunakan gawang segitiga kemampuan passing siswa
pekelas 7A di Mtsn 6 Sleman. Dalam permainan ini dibatasi pada teknik passing
kaki bagian dalam.
Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas 7A di Mtsn 6 Sleman masih rendah dengan
jumlah siswa 17 orang. Urutan kegiatan penelitian ini mencakup: (1) perencanaan,
(2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Pengumpulan datanya
menggunakan RPP, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis datanya
menggunakan deskripsi presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I rata-rata ketrampilan
passing kaki bagian dalam sebesar 74, siswa yang mendapat nilai di atas 75
(KKM) sebanyak 8 siswa atau 47%. Sedangkan pada siklus II rata-rata
ketrampilan passing kaki bagian dalam sebesar 82, siswa yang mendapat nilai di
atas 75 sebanyak 13 siswa atau 76%. Sehingga hal itu sudah memenuhi target,
yaitu 75%. Hasil penelitian terdapat peningkatan dari beberapa indikator
ketercapaian dalam setiap aspek, yaitu adanya peningkatan keaktifan siswa,xiii
kesungguhan dan keberanian siswa dalam mengikuti sepak bola . Suasana siswa
yang menyenangkan juga dapat memotivasi siswa untuk mengikuti praktek di
Lapangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: sepakbola, permainan sepakbola gawang segitiga, ketrampilan sepakbola.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Ilmu Keolahragaan
Depositing User: prodi ilmu olahraga UMBY
Date Deposited: 25 Jan 2022 02:54
Last Modified: 25 Jan 2022 02:54
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14259

Actions (login required)

View Item
View Item