Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Tahun 2019-2020)

Yuniarti, Jeni (2022) Pengaruh Leverage Dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Manajemen Risiko (Studi Empiris Pada Perusahaan Perbankan Tahun 2019-2020). Naskah Publikasi Prgram Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (83kB)

Abstract

Manajemen risiko merupakan proses terstruktur dan sistematis dalam mengidentifikasi, mengukur, memetakan, mengembangkan alternatif penanganan risiko, dan memonitor dan mengendalikan penanganan risiko. Manajemen risiko penting untuk perusahaan dan para pengguna laporan keuangan untuk menilai kebijakan yang telah dibuat manajemen dalam mengatasi risiko perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage dan profitabilitas terhadap pengungkapan manajemen risiko. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder dan populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sektor Perbankan 2019-2020. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa Debt of Equity Ratio (DER) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,132 dimana nilai signifikansi tersebut lebih besar dari 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa Debt of Equity Ratio tidak berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko dan Return On Assets (ROA) memiliki nilai signifikansi sebesar 0,842 yang berarti bahwa Return Of Assets tidak berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Leverage dan Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 27 Jan 2022 02:01
Last Modified: 27 Jan 2022 02:01
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item
View Item