Efisiensi Serapan Hara N, P, K Daun Kelapa Sawit Menghasilkan Pada Pemupukan Melalui Ketiak Pelepah

Suriadinata, Suriadinata (2020) Efisiensi Serapan Hara N, P, K Daun Kelapa Sawit Menghasilkan Pada Pemupukan Melalui Ketiak Pelepah. Naskah Publikasi Program Studi Agroteknologi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (133kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung efisiensi serapan hara NPK pada pemupukan lewat ketiak pelepah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2020 sampai bulan april 2020 di perkebunan Stiper Edu Agro Tourism (Seat) Instiper. Percobaan dilakukan di kebun percobaan, dengan ketinggian tempat 550 mdpl dan pH tanah antara 4.5 – 6.5. Sedangkan untuk analisis laboratorium dilaksanakan di Laboratorium Ilmu Tanah Fakultas Agroindustri Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan Laboratorium CV. CHEM MIX Bantul Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah Rancangan Faktorial 3 X 2 yang di susun dalam split-plot design ( rancangan petak terbagi ) dengan tiga blok sebagai ulangan, dan dan dianalisis menggunakan anova pada taraf 5% serta uji lanjut dengan DMRT taraf 5% untuk mencari perbedaan antar rerata perlakuan. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Serapan hara N, P dan K daun dan Efisiensi serapan hara pada tanaman kelapa sawit menghasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemupukan NPK pada letak ketiak berbeda yaitu, ketiak pelepah bagian atas ( tajuk ) dan ketiak bagian bawah (dibawah 50-100 cm diatas tanah) menunjukan bahwa serapan ketiak pelepah bagian atas ( tajuk ) menunjukan serapan yang paling tinggi dari pada ketiak bagian bawah. Namun tidak terdapat perbedaan yang nyata, Pemberian pupuk NPK dengan dosis 200,250,300 g tidak menunjukan perbedaan yang nyata dengan kontrol, dengan pemberian pupuk NPK pada ketiak pelepah bagiann atas lebih efisien dengan dosis 250g.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpusatkaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: kelapa sawit, ketiak pelepah, serapan hara, efisiensi, pupuk NPK majemuk,kandungan N daun, kandungan P daun, kandungan K daun.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Agroteknologi
Depositing User: Agroteknologi UMBY
Date Deposited: 02 Feb 2022 02:56
Last Modified: 02 Feb 2022 02:56
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14394

Actions (login required)

View Item
View Item