PENGARUH KUNJUNGAN PASIEN DAN PENDAPATAN LAYANAN KESEHATAN TERHADAP CURRENT RATIO DI RUMAH SAKIT ISLAM YOGYAKARTA PDHI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Hidayati, Yenni (2021) PENGARUH KUNJUNGAN PASIEN DAN PENDAPATAN LAYANAN KESEHATAN TERHADAP CURRENT RATIO DI RUMAH SAKIT ISLAM YOGYAKARTA PDHI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBIKASI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Pada masa pandemi Covid-19 semua sektor tak terkecuali rumah sakit sebagai penyedia jasa layanan kesehatan terkena dampaknya. Berdasar teori legitimasi , adanya kontrak sosial antara masyarakat dan perusahaan menggambarkan hubungan yang erat diantara keduanya. Pandemi ini mengakibatkan penurunan kunjungan pasien secara signifikan dikarenakan masyarakat takut berkunjung ke rumah sakit. Fenomena ini mempengaruhi pendapatan dan berdampak pada kinerja keuangan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh Kunjungan Pasien, Pendapatan layanan kesehatan terhadap nilai current ratio di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI pada masa pandemi Covid-19. Objek penelitian ini adalah Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI sebagai rumah sakit rujukan covid-19 tipe C yang berlokasi di Sleman Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 36 sampel yang diambil pada tahun 2019,2020 dan 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kunjungan pasien dan pendapatan layanan kesehatan sebagai variabel independen, dan current ratio sebagai variabel dependen. Teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu menggunakan aplikasi IBM SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kunjungan pasien dan pendapatan layanan kesehatan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai current Ratio di Rumah Sakit Islam Yogyakarta PDHI pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kunjungan pasien, Pendapatan Layanan Kesehatan, Current Ratio
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Feb 2022 04:06
Last Modified: 07 Feb 2022 04:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14554

Actions (login required)

View Item
View Item