Analisis Framing Tentang Pemberitaan Larangan Mudik Lebaran Di Indonesia Pada Media Online Kompas.Com Periode Mei 2021

Fikratania, Auliafradiba (2021) Analisis Framing Tentang Pemberitaan Larangan Mudik Lebaran Di Indonesia Pada Media Online Kompas.Com Periode Mei 2021. Analisis Framing Tentang Pemberitaan Larangan Mudik Lebaran Di Indonesia Pada Media Online Kompas.Com Periode Mei 2021. pp. 1-21.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI FULL.doc

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya hilang di Indonesia. Banyak hal yang telah dilakukan pemerintah untuk menekan dan mengurangi Pandemi. Salah satu isu yang sempat menjadi isu utama di pertengahan tahun 2021 yaitu isu kebijakan larangan mudik. Seluruh kebijakan pemerintah hingga perkembangan keadaan Indonesia terhadap Pandemi ini tentunya ada campur tangan dan peran penting media pemberitaan yang dimana senantiasa memberikan informasi kepada masyarakat. Dari banyaknya media yang ada, media Online lah yang paling banyak pembacanya. Dari banyaknya jenis media ini juga akan ada yang namanya perbedaan dalam menyusun dan penulisan isi beritanya. Ini yang disebut dengan penggunaan Framing pemberitaan. Tidak hanya beda jenis medianya saja tetapi jika berbeda perusahaan medianya tentu akan berbeda dalam penyusunan beritanya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dimana saya melakukan observasi pada media kompas.com dan menggunakan analisis Framing model Pan dan Kosicki. Selain itu penelitian ini menerapkan studi deskriptif yang fokus pada objek yang diamati. Penelitian ini akan menganalisis 55 artikel berita tentang larangan mudik lebaran 2021 dari Kompas.com. Dari penelitian ini akan dijabarkan bagaimana Kompas.com dalam membingkai sebuah peristiwa menjadi berita. Tujuan dari penelitian ini menggunakan Framing adalah untuk mengedukasi publik sehingga dapat menilai berita tidak hanya apa adanya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Pan and Kosicki, Covid-19, Media Online, Berita.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 17 Feb 2022 06:14
Last Modified: 17 Feb 2022 06:14
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14773

Actions (login required)

View Item
View Item