KOMUNIKASI SOSIAL MAHASISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT DI LINGKUNGAN KAMPUS STUDI KASUS MAHASISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT DALAM LINGKUNGAN SOSIAL KAMPUS DI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Munthe, Geraldo Parlindungan (2021) KOMUNIKASI SOSIAL MAHASISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT DI LINGKUNGAN KAMPUS STUDI KASUS MAHASISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT DALAM LINGKUNGAN SOSIAL KAMPUS DI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI Geraldo Parlindungan Munthe.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ilmu Komunikasi adalah salah satu cabang keilmuan yang berfokus pada interaksi antar individu. Dalam pembelajaran ilmu Komunikasi, terdapat berbagai macam teori Komunikasi yang di terapkan. Salah satunya adalah teori Komunikasi Psikologi. Komunikasi Psikologi merupakan teori yang mempelajari pola komunikasi komunikator ke komunikan dari perspektif psikologi. Seperti yang kita ketahui psikologi adalah ilmu yang mempelajari psikis, sifat, kepribadian, dan mental manusia. Kondisi psikis dari manusia itu bisa mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan manusia, termasuk gaya berkomunikasi seseorang. Seperti contoh Ketika orang yang memiliki kondisi mental yang sehat maka cara orang itu berkomunikasi akan sangat lancar dan terkendali, sedangkan orang yang memiliki sakit mental maka cara berkomunikasinya pun tidak baik dan cenderung mengatakan hal-hal yang tidak perlu dikatakan. Kepribadian manusia juga bisa menjadi faktor utama yang mempengaruhi gaya komunikasi seseorang berdasarkan komunikasi psikologi nya. Dengan kata lain orang yang introvert dan ekstrovert memiliki gaya komunikasi yang berbeda satu sama lain.
Orang-orang introvert adalah salah satu dari sekian banyak yang sangat susah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Bahkan orang lain sering menganggap orang introvert adalah orang-orang yang terbelakang, tidak bisa apa-apa, dan anti-sosial. Pada kenyataannya orang yang introvert tidak pernah memilih untuk menjadi introvert sejak mereka terlahir, dan faktor utama tersebut lah yang membuat mereka menjadi introvert.
Mengenai penelitian ini penulis tidak menemukan data-data dari hasil penelitian sebelumnya mengenai kasus ini. sehingga penulis hanya mencari data-data yang serupa dengan penelitian ini supaya data-data ini bisa membantu penelitian penulis lebih jauh lagi. Dari data-data yang serupa dengan penelitian penulis ini, kebanyakan orang-orang introvert ditanyakan beberapa pertanyaan seperti, kenapa memilih jurusan ini, bisa tidaknya mereka bertahan di jurusan ilmu Komunikasi. Rata-rata menjawab dengan karena tidak ada pilihan lain atau disuruh orang tua. Kedua alasan itu mungkin bisa dibilang sangat biasa, dan tidak mempunyai alasan yang cukup kuat. Subjek adalah orang yang introvert dan ia memilih untuk terjun dalam dunia komunikasi. Penulis yakin Subjek mempunyai alasan memilih fakultas ilmu Komunikasi ini, dan pastinya mempunyai alasan yang berbeda/menarik untuk penulis teliti. Penulis berharap pada penelitian penulis ini bisa membuahkan hasil yang berbeda dari pada penelitian yang sudah dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Introvert, Kepribadian, Komunikasi, Lingkungan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 01 Mar 2022 06:09
Last Modified: 01 Mar 2022 06:09
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14842

Actions (login required)

View Item
View Item