Studi Kasus Manajemen Krisis Divisi Public Relations di Klinik Kecantikan Reta Beauty Clinic Yogyakarta dalam Menghadapi Era New Normal

Gomphrena, Avireza (2021) Studi Kasus Manajemen Krisis Divisi Public Relations di Klinik Kecantikan Reta Beauty Clinic Yogyakarta dalam Menghadapi Era New Normal. Studi Kasus Manajemen Krisis Divisi Public Relations di Klinik Kecantikan Reta Beauty Clinic Yogyakarta dalam Menghadapi Era New Normal. pp. 1-18.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI_Avireza Gomphrena_17071195.docx

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada manajemen krisis yang digunakan oleh divisi public relations di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan yakni klinik kecantikan Reta Beauty Clinic Yogyakarta dalam menghadapi era new normal yang kehadirannya disebabkan oleh pandemi covid-19 (corona virus disease). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis mengenai manajemen krisis yang dijalankan oleh public relations perusahaan tersebut. Adapun yang menjadi latar belakang pada penelitian ini, dikarenakan saat ini pelayanan di klinik kecantikan telah menjadi salah satu kebutuhan pokok masyarakat selain itu kehadiran virus covid-19 ini sangat berdampak diberbagai sektor salah satunya dibidang pelayanan yang dalam praktek kerjanya memerlukan adanya kontak fisik dengan konsumen (masyarakat umum) yang tentunya sangat beresiko karena dapat memicu terjadinya penularan.
Metode yang penulis gunakan dalam penelitian kali ini mengunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat sudi kasus. Sehingga berdasarkan permasalahan yang terjadi akan menghasilkan data-data deskriptif, yang selanjutnya akan dianalisa dan disusun menjadi sebuah laporan yang sistematis.
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa keberadaan divisi public relations sangat berperan penting dalam penyelesaian krisis. Bentuk tindakan penyelesaiannya merujuk ke strategi manajemen public relations. Langkah-langkah pengelolaan krisis yang digunakan menciptakan adanya perubahan kebijakan, modifikasi operasional, kompromi dan bertujuan untuk meluruskan reputasi perusahaan sesuai dengan strategi adiptif dalam strategi manajemen krisis. Hasil dari tindakan tersebut berdampak pada peningkatan pemasukan dan berhasil mendapatkan komentar positif dari konsumen.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: manajemen krisis, public relations, krisis
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 05 Mar 2022 05:07
Last Modified: 05 Mar 2022 05:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/14968

Actions (login required)

View Item
View Item