Kebijakan Redaksional Dan Proses Gatekeeping Simpang5 Tv Pati Dalam Menayangan Pemberitaan Kriminal Dan Kecelakaan Periode 2020

Absari, Putri Anggun (2020) Kebijakan Redaksional Dan Proses Gatekeeping Simpang5 Tv Pati Dalam Menayangan Pemberitaan Kriminal Dan Kecelakaan Periode 2020. Kebijakan Redaksional Dan Proses Gatekeeping Simpang5 Tv Pati Dalam Menayangan Pemberitaan Kriminal Dan Kecelakaan Periode 2020. pp. 1-24.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (317kB)

Abstract

Penelitiaan ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti akan dunia media massa terkhusus televisi. Salah satu ketertarikan peneliti adalah program berita sehingga peneliti memfokuskan penelitian pada kebijakan redaksional dan proses gatekeeping dalam menayangkan program berita terkhusus kriminal dan kecelakaan Simpang5 TV. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kebijakan redaksional dan proses gatekeeping dalam menayangkan pemberitaan kriminal dan kecelakaan di media lokal Simpang5 TV. Penelitian ini dilandasi teori kabijakan redaksional dan teori gatekeeping shoemaker lima level yang mempengaruhi keputusan pemberitaan. Lima level terdiri dari level individu, level rutinitas media, level organisasi, level ektramedia, dan level sistem sosial.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Obyek dalam penelitian ini peneliti menunjuk satu informan yaitu pemimpin redaksi yang merupakan penanggung jawab dalam tim redaksi. Pemaparan dilakukan dengan cara deskriptif untuk menjawab pertanyaan yang telah diidentifikasi sebelumnya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan redaksional dipegang oleh pemimpin redaksi sebagai penanggung jawab program berita. Berita yang masuk dan layak tayang memiliki nilai berita dan memiliki manfaat bagi audiens. Dalam penayangan berita kriminal dan kecelakaan Simpang5 TV sesuai dengan kode etik jurnalistik undang-undang pers. Proses gatekeeping dalam penayangan berita: 1. Level individu: tidak ada pengaruh individu. 2. Level rutinitas media: nilai berita menjadi rutinitas media dalam seleksi berita. 3. Level organisasi: pemimpin redaksi yang menyelaksi dan mengecek ulang berita. 4. Level ektramedia: pengaruh pihak luar (pengiklan, sumber berita, dan audiens). 5. Level sistem social: tidak ada ideologi yang dianut.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kebijakan redaksional, gatekeeping, berita kriminal dan kecelakaan, Simpang5 TV Pati.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 May 2022 04:36
Last Modified: 11 May 2022 04:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15467

Actions (login required)

View Item
View Item