Tingkat Kejadian Penyakit Cacing Hati (Fasciolosis) Pada Sapi Potong Di Daerah Dataran Rendah Dan Dataran Tinggi Kabupaten Magelang

Mustagfiroh, Sita Maria (2022) Tingkat Kejadian Penyakit Cacing Hati (Fasciolosis) Pada Sapi Potong Di Daerah Dataran Rendah Dan Dataran Tinggi Kabupaten Magelang. Naskah Publikasi Program Studi Peternakan.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kejadian penyakit cacing hati (Fasciolosis) pada sapi potong di daerah dataran rendah dan dataran tinggi di Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan 98 sampel feses sapi dari dataran tinggi dan 81 sampel feses sapi dari dataran rendah. Variabel yang diamati adalah kejadian penyakit Fasciolosis yang disebabkan oleh cacing Fasciola sp. pada letak geografis, pola pemberian pakan, dan kondisi hewan. Penelitian ini menggunakan uji kuantitatif dan metode pengumpulan data. Analisis statistik menggunakan rumus prevalensi, uji t (T-test) dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kejadian penyakit cacing hati di Dataran Tinggi Kecamatan Ngablak (1378 mdpl) 13,2% dan tingkat kejadian penyakit cacing hati (Fasciolosis) di Dataran Rendah Kecamatan Ngluwar (202 mdpl) 18,5% tingkat kejadian Fasciolosis di Dataran Rendah lebih tinggi daripada prevalensi di Dataran Tinggi.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Cacing hati; Prevalensi; Sapi Potong; Dataran Rendah; Dataran Tinggi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Peternakan
Depositing User: Peternakan UMBY
Date Deposited: 16 Jun 2022 04:39
Last Modified: 16 Jun 2022 04:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15485

Actions (login required)

View Item
View Item