Analisis Prediksi Kebangkrutan Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dengan Model Altman Z-Score

Milleniasari, Poeti Annisa (2022) Analisis Prediksi Kebangkrutan Perusahaan Retail Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Dengan Model Altman Z-Score. Naskah Publikasi Program Studi Manajemen.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Poeti Annisa Milleniasari_18051243_11A.docx
Restricted to Repository staff only

Download (519kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi keuangan perusahaan berdasarkan analisis altman Z-SCORE dan mengetahui pengaruh rasio modal kerja, rasio laba ditahan, rasio laba sebelum bunga dan pajak (EBIT), rasio nilai pasar saham dan rasio penjualan terhadap prediksi kebangkrutan. Latar belakang penelitian ini mengetahui prediksi kebangkrutan perusahaan retail pada tahun 2018-2020 serta dampak dari pandemik covid-19 pada keuangan perusahaan.
Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Altman Z-SCORE, Uji Asumsi Klasik, dan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio model Altman Z-SCORE yang berpengaruh signifikan terhadap prediksi kebangkrutan perusahaan retail adalah rasio modal kerja dan rasio penjualan dan yang tidak berpengaruh signifikan terhadap prediksi kebangkrutan perusahaan retail adalah rasio laba ditahan, rasio laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) dan rasio nilai pasar saham. Sedangkan untuk hasil penelitian kedua, menunjukkan kondisi keuangan perusahaan retail yang diteliti pada tahun 2018-2020 dengan metode Altman Z-SCORE mendapatkan hasil pada tahun 2018 terdapat 1 perusahaan bangkrut, 4 perusahaan kelabu dan 5 perusahaan sehat. Pada tahun 2019 terdapat 1 perusahaan bangkrut, 3 perusahaan kelabu dan 6 perusahaan sehat. Pada tahun 2020 terdapat 4 perusahaan bangkrut, 3 kelabu dan 3 perusahaan sehat.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Prediksi Kebangkrutan, Altman Z-SCORE, Perusahaan Retail
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Manajemen
Depositing User: Managemen UMBY
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:28
Last Modified: 04 Oct 2023 02:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15579

Actions (login required)

View Item
View Item