Pengaruh Penambahan Clay Dan Sorbitol Terhadap Sifat Fisik Film Bioplastik Dari Kulit Kentang

Kirlawati, Rita Nur (2022) Pengaruh Penambahan Clay Dan Sorbitol Terhadap Sifat Fisik Film Bioplastik Dari Kulit Kentang. Naskah Publikasi Program Studi Teknologi Hasil Pertanian.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (6MB)

Abstract

Bioplastik merupakan plastik ramah lingkungan yang dapat digunakan layaknya plastik konvensional dan dapat hancur terurai oleh mikroorganisme. Bahan baku bioplastik salah satunya adalah pati, yang bisa diperoleh dari kulit kentang. Bioplastik yang terbuat dari pati mempunyai kelemahan yaitu mudah sobek, resistensi terhadap air rendah dan sifat penghalang terhadap uap air juga rendah. Oleh karena itu, diperlukan penambahan bahan lain untuk meningkatkan karakteristik fisik yaitu dengan penambahan filler dan plasticizer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penambahan filler clay dan plasticizer sorbitol terhadap sifat fisik film bioplastik dari kulit kentang meliputi ketebalan, kuat tarik, nilai mulur, dan biodegradabilitas.
Penelitian ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor pertama adalah penambahan clay (2, 4, 6 gram) dan faktor kedua adalah penambahan sorbitol (20, 25, 30 gram). Terdapat 9 perlakuan dengan dua kali ulangan analisis sehingga diperoleh 18 satuan percobaan. Total berat adonan yang digunakan dalam pembuatan satu film bioplastik berukuran 20x20 cm² berkisar antara 133 - 147 g yang berisi bahan-bahan seperti pati kulit kentang, clay, sorbitol, pelarut H₂O serta asam asetat 25%. Penelitian ini dilakukan dalam 3 tahap yaitu: (1) ekstraksi pati kulit kentang; (2) pencetakan film bioplastik; (3) pengujian fisik film bioplastik dan analisis kadar pati kulit kentang. Hasil penelitian kemudian diuji secara statistik menggunakan uji ANOVA dan uji DMRT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik optimum film bioplastik diperoleh dari variasi penambahan clay 4 g dan sorbitol 20 g dengan ketebalan film 0,82 mm, nilai kuat tarik film 7,36 MPa, nilai kemuluran film 18,73%, ketahanan terhadap air 76,06%, dan biodegradabilitas 38,02%.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: bioplastik, pati kulit kentang, clay, sorbitol
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Agroindustri > Program Studi Teknologi Hasil Pertanian
Depositing User: THP UMBY
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:16
Last Modified: 24 Jun 2022 02:16
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15796

Actions (login required)

View Item
View Item