PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Artanti, Yulianita (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA] Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEXT BOOKMARK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan teknologi dalam pembelajaran sangat penting karena
mempengaruhi pengajaran serta mempengaruhi siswa untuk dapat meningkatkan
kualitas belajarnya. Untuk itu, pengembangan media pembelajaran berbasis
teknologi harus terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran
interaktif berbasis android untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi
teorema Pythagoras serta mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan
media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Research and Development
(R&D) yang megacu pada model pengembangan dari ADDIE. Adapun tahapan
model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, Evaluation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Gamping, Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi, hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil, dan angket.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Validasi produk aplikasi berbasis android
dinyatakan “Valid” oleh ahli materi dan ahli media, dengan perolehan rata-rata
ahli materi sebesar 57 pada kategori baik dan perolehan rata-rata ahli media
sebesar 64,5 pada kategori baik; (2) Hasil uji coba skala kecil yang melibatkan 15
siswa memperoleh rata-rata 83,4 pada kategori baik, dan hasil uji coba skala besar
yang melibatkan 32 siswa memperoleh rata-rata 86,531 pada kategori sangat baik.
Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis android memenuhi kriteria
“Praktis”; dan (3) Hasil pengujian keefektifan media pembelajaran interaktif
berbasis android menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai pretest dan
posttest dimana kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai pretest
dan posttest kelas kontrol. Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis
android pada materi teorema Pythagoras efektif meningkatkan prestasi belajar
siswa dan dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 1
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Media Interaktif Berbasis Android, ADDIE, Teorema Pythagoras
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Pendidikan Matematika UMBY
Date Deposited: 13 Jun 2023 07:44
Last Modified: 13 Jun 2023 07:44
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15953

Actions (login required)

View Item
View Item