Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2018-2020

Apriyani, Roroh Sari (2022) Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2018-2020. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance yang diproksikan dengan kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing dan komisaris independen secara parsial terhadap manajemen laba. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 60 data dari 20 perusahaan jasa sektor property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020 yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, kepemilikan asing berpengaruh negatif terhadap manajemen laba dan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Asing, Komisaris Independen, Manajemen Laba.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 18 Jul 2022 00:39
Last Modified: 18 Jul 2022 00:39
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15960

Actions (login required)

View Item
View Item