Nema, Gabriella Chika Yoma La Sep Tita (2022) Customer Relations Pt.Heptaco Digital Media Yogyakarta Dalam Menangani Komplain Melalui Media Sosial. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.
Naskah Publikasi.docx
Download (31kB)
Abstract
Customer Relations atau secara sederhana disebut dengan hubungan dengan customer ini muncul karena sangat dibutuhkan dalam perusahaan, dimana artinya customer relations yaitu segala kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk selalu mempertahakan konsumen yang telah ada dan konsumen tetap perusahaan. Kegiatan Customer relations tidak hanya dilakukan secara langsung tetapi juga dapat memanfaatkan media sosial sebagai perantara antara perusahaan dengan customer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PT.Heptaco Digital Media Yogyakarta dalam menangani komplain melalui media sosial. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara secara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini dikaji dengan teori Customer relationship management menurut Swift Parvatiyar dan Sheth (2001) untuk menganalisis bagaimana cara PT.Heptaco menangani komplain melalui media sosial. Hasil penelitian yang diperoleh yakni PT.Heptaco Digital Media dalam menangani komplain melalui media sosial memanfaatkan media sosial khsusnya instagram yang bersifat informasi dan interaktif dimana dengan begitu perusahaan dapat menyampaikan segala informasi melalui media sebagai sarana berinteraksi terkait komplain customer.Tetapi tetap memperhatikan kenyamanan dari customer itu sendiri,maka dari itu secara maksimal PT.Heptaco akan mengikuti sampai customer paham dan tidak terjadi kesalahpahaman dari keduabelahpihak. PT.Heptaco digital media juga merupakan perusahaan yang selalu mengikuti perkembangan zaman dan fleksibel sehingga memudahkan customer ketika ingin melakukan komplain pada perusahaan.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | Perpustakaan UMBY Kampus 3 |
Uncontrolled Keywords: | Customer Relations, Media Sosial, PT.Heptaco Digital Media Yogyakarta |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 18 Jul 2022 01:01 |
Last Modified: | 18 Jul 2022 01:01 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15975 |