Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah (Sap), Internal Control System, Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta)

Pamungkas, Sekar Sari Diah (2021) Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah (Sap), Internal Control System, Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Kasus Pada Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta). Naskah Publikasi Program Studi AKuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Sekar Sari Diah Pamungkas_17061324.docx

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), Internal Control System, dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Energi Sumber Daya Mineral Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik sensus/sampling total, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Peneliti menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dalam menganalisis data penelitian.Analisis data: Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh pegawai yang memiliki keterkaitan dengan laporan keuangan pada Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya mineral DIY pada tahun 2021, sebanyak 60 responden. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dan untuk mengetahui pengaruh antar variable digunkan uji t. Hasil dan diskusi: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), Internal Control System dan Aksesibilitas Laporan Keuangan secara parsial berpengaruh positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Implikasi: Hasil penelitian dapat digunakan sebagai masukan bagi instansi terkait untuk melakukan pemerataan pelatihan, penetapan pegawai sesuai latar belakang pendidikan, peningkatan mutu laporan keuangan dan memperbaharui perangkat.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Aksesibiltas, SAP, Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:26
Last Modified: 22 Jul 2022 01:26
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16028

Actions (login required)

View Item
View Item