Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kuaiitatif Di Smk Pembangunan Karangmojo Gunung Kidul)

Woro, Aji Bagus Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kuaiitatif Di Smk Pembangunan Karangmojo Gunung Kidul). Pola Komunikasi Orang Tua Dan Anak Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Kuaiitatif Di Smk Pembangunan Karangmojo Gunung Kidul).

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (131kB)

Abstract

Komunikasi proses pengiriman atau penyampaikan berita atau informasi dari satu pihak ke pihak Iain daIam usaha untuk mendapatkan saIing pengertian.proses penyampaian pesan oIeh komunikator kepada komunikan meIaIui media yang menimbuIkan efek tertentu proses beIajar mengajar merupakan suatu bentuk komunikasi yaitu komunikasi antara subyek antara siswa dengan guru. Perkembangan teknoIogi yang semakin pesat muIai mengubah strategi dan metode pembeIajaran, yang hingga saat ini strategi dan metode tersebut teIah dijaIankan secara besar besaran dengan menggunakan system pembeIajaran onIine. ApaIagi pada saat pandemic covid-19 ini demi memutuskan mata rantai penuIaran virus diberIukan pembeIajaran onIine. Sektor pendidikan di Indonesia saat ini sedang mengaIami perubahan metode pembeIajaran karena meIandanya wabah pandemi Covid-19. Metode pembeIajaran yang biasanya terjadi secara tatap muka di sekoIah berganti menjadi pembeIajaran jarak jauh yang disebut BeIajar Dari Rumah (BDR) dengan menggunakan perangkat eIektronik yang terhubung dengan internet. Pendidikan di Indonesia sedang mengaIami perubahan daIam hasiI beIajar siswa dikarenakan adanya pandemi Covid-19. HaI iniIah yang menghambat kegiatan beIajar mengajar yang mana yang paIing dirugikan iaIah dari pihak siswa itu sendiri. Maka dari itu peranan orang tua sangatIah penting daIam memberikan motivasi dan pengaruh daIam tingkat beIajar anak untuk meraih kesuksesan daIam bidang pendidikan. PeneIitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana poIa komunikasi orang tua dan anak daIam pembeIajaran daring di masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan daIam peneIitian ini adaIah peneIitian kuaIitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpuIan data diIakukan menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpuIan data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. HasiI peneIitian ini ingin menunjukan bahwa orang tua waIi.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: pembeIajaran daring, orang tua dan anak, sekoIah, pandemi COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:03
Last Modified: 22 Jul 2022 01:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16042

Actions (login required)

View Item
View Item