ANALISIS SISTEM PENAGIHAN PIUTANG (KLAIM) RAWAT INAP PASIEN BPJS (STUDI KASUS RUMAH SAKIT HARAPAN KOTA MAGELANG)

Putri, Novita Sari (2022) ANALISIS SISTEM PENAGIHAN PIUTANG (KLAIM) RAWAT INAP PASIEN BPJS (STUDI KASUS RUMAH SAKIT HARAPAN KOTA MAGELANG). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
SKRIPSI FULL TEKS._ANALISIS SISTEM PENAGIHAN PIUTANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan piutang rawat inap pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) pada Rumah Sakit Harapan Kota Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder berupa daftar klaim BPJS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan piutang rawat inap pasien BPJS di Rumah Sakit Harapan Kota Magelang sudah cukup baik. Tetapi dalam prosesnya kelengkapan dan pengisian dokumen beserta diagnosis pasien yang diisi oleh dokter sering terlambat, pada bagian coding terdapat pengembalian berkas klaim rawat inap pasien BPJS yang membuat status klaim ada yang pending serta tidak layak. Penyebab pengembalian berkas klaim rawat inap pasien BPJS diantaranya karena pengetahuan coder, perbedaan persepsi antara coder dengan dokter, serta ketidaktepatan penentuan kode oleh coder. Disarankan terdapat proses yang lebih baik lagi sebelum pengiriman berkas klaim kepada verifikator BPJS dan juga pelatihan kepada coder agar mempunyai pengetahuan tentang pengkodean serta teliti dalam memberikan kode diagnosis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Piutang Pasien Rawat Inap BPJS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:28
Last Modified: 22 Jul 2022 01:28
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16043

Actions (login required)

View Item
View Item