Changestu, Vani (2017) HIPER-REALITAS PADA KOMUNITAS HURA-HURA TIM VALOR POKEMON GO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (Studi Kasus Hiperrealitas pada Komunitas Hura-Hura Tim Valor Pokemon Go Daerah Istimewa Yogyakarta Periode September 2016-Juni 2017). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
1 ABSTRAK.pdf
Download (861kB) | Preview
COVER DAN LAMPIRAN.pdf
Download (2MB) | Preview
2 BAB I.pdf
Download (104kB) | Preview
3 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (137kB)
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (689kB)
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (492kB)
6 BAB V.pdf
Download (37kB) | Preview
SKRIPSI PENUH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Kemunculan internet memfasilitasi munculnya sebuah realitas baru selain
realitas yang kita jalani yang biasa disebut dengan istilah hiperrealitas.
Hiperrealitas terbentuk melalui game-game online yang membuat para pemainnya
beraktivitas di dalam realitas yang diciptakan oleh game, salah satunya adalah
game Pokemon Go yang mempengaruhi pola interaksi antar pemain game
Pokemon Go. Perubahan pola interaksi yang terbangun pada komunitas gamer
Pokemon Go tersebut menarik untuk diteliti lebih lanjut, oleh karena itu penulis
menyusun sebuah penelitian ilmiah dengan judul Hiperrealitas pada Komunitas
Hura-Hura Tim Valor Pokemon Go di Jalan Jendral Sudirman Daerah Istimewa
Yogyakarta. Untuk mengungkap permasalahan dalam penelitian ini maka penulis
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis study
kasus, sedangkan untuk teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam
dan dokumen serta literatur, untuk analisis datanya dengan reduksi data, paparan
data dan verifikasi data sebagai langkah untuk menarik sebuah kesimpulan,
sedangkan obyek penelitian adalah Komunitas Hura-Hura Tim Valor Pokemon
Go di Jalan Jendral Sudirman Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hiperrealitas yang
terjadi pada komunitas Hura-Hura Team Valor Pokemon Go Daerah Istimewa
Yogyakarta. Sedangkan manfaat dari penelitian ini yaitu diharapkan dapat
memberikan wawasan dan informasi bagi akademisi Ilmu Komunikasi dalam
pengembangan kajian terkait teori-teori yang berhubungan dengan hiperrealitas,
dan diharapkan bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai hiper-realitas
yang terbentuk pada komunitas Hura Hura Valor Pokemon Go Daerah Istimewa
Yogyakarta dan mampu merubah pola pikir anggota komunitas tentang
hiperrealitas, serta diharapkan bisa memberikan sumbangan pemikiran pada Ilmu
Komunikasi terutama dalam bidang kajian semiotika yang meneliti tentang hipersemiotika
dan hiper-realitas.
Data yang didapat selanjutnya digunakan untuk merumuskan rekomendasi
sebagai langkah untuk mendeskripsikan hiperrealitas yang terjadi pada komunitas
Hura-Hura Valor Pokemon Go Daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil penelitian
yang ditemukan di lapangan menunjukan bahwa industri hiburan audiovisual
mengubah realitas-realitas masyarakat dan menggantinya dengan realitas palsu
yang terlihat lebih nyata dibandingkan realitas sebelumnya, terbentuknya
komunitas semakin memperkuat hiperrealitas yang dibentuk oleh industri hiburan
audiovisual game online Pokemon Go, sehingga hiperrealitas dan komunitas
saling terhubung.
Kata kunci : Hiperrealitas, Pokemon Go, Komunitas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information/Lokasi Hardcopy: | M. Nastain, S.Sos.I.,M.Ikom |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Ilmu Komunikasi UMBY |
Date Deposited: | 08 Aug 2017 08:19 |
Last Modified: | 18 Aug 2022 03:21 |
URI: | http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/161 |