Analisis Wacana Cyberbullying Pada Kolom Komentar Akun Tiktok @Popobarbiegirl Di Kalangan Pengguna Media Sosial Tahun 2022

Oktaviani, Miske (2022) Analisis Wacana Cyberbullying Pada Kolom Komentar Akun Tiktok @Popobarbiegirl Di Kalangan Pengguna Media Sosial Tahun 2022. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (157kB)

Abstract

Dewasa ini mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan internet, penggunaan internet yang tidak dikontrol dengan semestinya membawa dampak negatif salah satunya adalah cyberbullying. Cyberbullying merupakan tindakan kekerasan, penghinaan, maupun intimidasi yang dilakukan dengan memanfaatkan internet, salah satu korbannya adalah akun TikTok @popobarbiegirl. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis wacana cyberbulying pada akun TikTok @popobarbiegirl, dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan teori analisis wacaan Teun A. Van Dijk, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan dokumentasi pada akun TikTok @popobarbiegirl, kemudian analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, triangulasi data, hingga penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah wacana cyberbullying yang dituliskan oleh netizen disebabkan konten @popobarbiegirl yang dianggap kontroversial, dan jenis cyberbullying yang dilakukan terdiri dari flamming, harrasment, impersonation, dan cyberstalking. Lalu ditinjau menggunakan teori analisi wacana Van Dijk dapat diketahui wacana yang dituliskan netizen berkonotasi negatif dan menunjukkan ketidaksukaan terhadap akun TikTok @popobarbiegirl.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana, Cyberbullying, Media Sosial, TikTok.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 01 Aug 2022 07:35
Last Modified: 01 Aug 2022 07:35
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16117

Actions (login required)

View Item
View Item