Pola Komunikasi Sosial Mahasiswa Dalam Penggunaan Media Sosial Whatsapp (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Umiversitas Mercu Buana Yogyakarta)

Maghfirah, Nurul (2022) Pola Komunikasi Sosial Mahasiswa Dalam Penggunaan Media Sosial Whatsapp (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2018 Umiversitas Mercu Buana Yogyakarta). Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi. Nurul Maghfirah (18071195).docx

Download (26kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa dalam penggunaan media sosial whatsapp. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan media sosial whatsapp yang digunakan oleh para mahasiswa. Adanya media sosial seperti whatsapp dapat mempermudah pola komunikasi sosial terhadap mahasiswa untuk membangun interaksi, memberikan dan menerima informasi dengan cepat, semua hal itu dapat dilakukan baik di dalam maupun diluar lingkungan kampus. Pola komunikasi tersebut juga di bagi menjadi empat yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linier, dan pola komunikasi sikular. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari narasumber yang diteliti. Adapun teknik yang digunakan seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Media sosial whatsapp memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada mahasiswa apalagi dengan pembuatan group whatsapp dapat mempermudah mahasiswa dalam berinteraksi, memberikan dan menerima informasi, diskusi mengenai akademis maupun bercanda antar mahasiswa yang ada didalam grup whatsapp tersebut tidak memangdang jarak jauh ataupun dekat karena semua dapat dijangkau dengan menggunakan media sosial whatsapp. Sehingga para mahasiswa begitu banyak menggunakan media sosial whatsapp sebagai media komunikasi.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Pola Komunikasi, Media Sosial, Whatsapp dan Mahasiswa.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:10
Last Modified: 23 Aug 2023 03:10
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16138

Actions (login required)

View Item
View Item