Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Radio Republik Indonesia Yogyakarta

Luthfiyah, Amalina Adi (2022) Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Radio Republik Indonesia Yogyakarta. Peran Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Radio Republik Indonesia Yogyakarta. pp. 1-21.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.docx

Download (34kB)

Abstract

Penyebaran informasi pada masa sekarang sangat mudah dan cepat. Hal ini menjadikan banyak lembaga penyedia informasi semakin bersaing satu sama lain. Salah satu lembaga penyedia informasi yang masih bertahan hingga sekarang adalah Radio Republik Indonesia. Sebagai salah satu lembaga pemerintahan penyedia informasi kepada masyarakat, Radio Republik Indonesia berusaha untuk tetap mempertahankan citranya di mata masyarakat umum sehingga tetap berdiri. Hal ini menjadi salah satu rumusan masalah penetian yaitu “Bagaimana Peran Public Relations dalam mempertahankan Citra Radio Republik Indonesia Yogyakarta?”,. Peran public relations digunakan oleh RRI Yogyakarta sebagai cara untuk tetap mempertahankan citranya. Peran yang digunakan dikemukakan oleh Scott M. Cutlip, Allen H. Center dan Glen M. Broom yaitu Teknisi Komunikasi, Expert Prescriber, Fasilitator Komunikasi dan Fasilitator Pemecah Masalah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengkaji peran public relations yang dilakukan oleh Radio Republik Indonesia Yogyakarta. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui wawancara dengan narasumber yang kemudian dianalisis berdasarkan empat peran public relations serta strategi yang RRI Yogyakarta gunakan untuk mempertahankan citranya. Setelah penelitian dilakukan, humas RRI Yogyakarta menjalankan tiga peran utama yaitu sebagai Expert Prescriber, Fasilitator Komunikasi dan Fasilitator Pemecah Masalah, sedangkan untuk Teknisi Komunikasi humas RRI Yogyakarta dibantu oleh bidang lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Peran Public Relations, Citra
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:13
Last Modified: 23 Aug 2023 07:13
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

View Item
View Item