Kualifikasi Profesi Humas di Kantor Kecamatan Gerunggang (Survey Terhadap Pegawai Kantor Kecamatan Gerunggang Tentang Kualifikasi Profesi Humas)

Tino, Refika (2022) Kualifikasi Profesi Humas di Kantor Kecamatan Gerunggang (Survey Terhadap Pegawai Kantor Kecamatan Gerunggang Tentang Kualifikasi Profesi Humas). Kualifikasi Profesi Humas di Kantor Kecamatan Gerunggang (Survey Terhadap Pegawai Kantor Kecamatan Gerunggang Tentang Kualifikasi Profesi Humas). pp. 1-12.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI REFIKA TINO.docx

Download (31kB)

Abstract

Terdapat beberapa perbedaan pandangan orang mengenai profesi humas, ada yang berpendapat bahwa seorang humas hanya melakukan tugas fotografer, membaca berita, frontliner, perencana strategis dalam pengambilan keputusan lembaga dan masih banyak lainnya. Sebuah persepsi mengenai profesi menjadi hal yang penting karena dapat menjadi nilai terhadap cara seseorang dalam menghargai pekerjaannya, tugas dan kualifikasi pada profesi tersebut. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana persepsi pegawai Pemerintah di Kantor Kecamatan Gerunggang tentang kualifikasi profesi humas. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan diri dan komunikasi seorang humas di dalam lingkungan kerja, serta memperluas wawasan mengenai kualifikasi profesi Humas, yang kelak diharapkan dapat membantu kantor Kecamatan Gerunggang dalam kualifikasi profesi humas. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif dengan analisis Deskriptif, responden dari penelitian ini sendiri merupakan seluruh karyawan dari kantor kecamatan Gerunggang dan tidak termasuk karyawan humas kantor kecamatan Gerunggang teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukan jika pegawai pemerintah dikecamatan Gerunggang telah memberika jawaban atas persepsi mereka tentang kualifikasi profesi humas ini dengan hasil yang baik pada aspek ability to communicate, ability to organize, ability to get on with people, dan imagination. Namun, pada aspek personel integrity masih ada yang tidak sependapat jika humas harus dijabat seorang perempuan saja. Kesimpulannya adalah Penelitian dilakukan dengan melalui 5 aspek kualifikasi profesi humas yaitu Kemampuan Berkomunikasi (Ability to communicate), Kemampuan Manajerial (Ability to organize), Kemampuan Bergaul/Membina Relasi (Ability to get on with people), Memiliki Kepribadian yang utuh dan jujur (Personal Integrity) dan Kemampuan Berimajinasi (Imagination).

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Terdapat beberapa perbedaan pandangan orang mengenai profesi humas, ada yang berpendapat bahwa seorang humas hanya melakukan tugas fotografer, membaca berita, frontliner, perencana strategis dalam pengambilan keputusan lembaga dan masih banyak lainnya. Sebuah persepsi mengenai profesi menjadi hal yang penting karena dapat menjadi nilai terhadap cara seseorang dalam menghargai pekerjaannya, tugas dan kualifikasi pada profesi tersebut. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana persepsi pegawai Pemerintah di Kantor Kecamatan Gerunggang tentang kualifikasi profesi humas. Manfaat dari penelitian ini adalah menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan diri dan komunikasi seorang humas di dalam lingkungan kerja, serta memperluas wawasan mengenai kualifikasi profesi Humas, yang kelak diharapkan dapat membantu kantor Kecamatan Gerunggang dalam kualifikasi profesi humas. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode kuantitatif dengan analisis Deskriptif, responden dari penelitian ini sendiri merupakan seluruh karyawan dari kantor kecamatan Gerunggang dan tidak termasuk karyawan humas kantor kecamatan Gerunggang teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian kuesioner dan observasi. Hasil penelitian menunjukan jika pegawai pemerintah dikecamatan Gerunggang telah memberika jawaban atas persepsi mereka tentang kualifikasi profesi humas ini dengan hasil yang baik pada aspek ability to communicate, ability to organize, ability to get on with people, dan imagination. Namun, pada aspek personel integrity masih ada yang tidak sependapat jika humas harus dijabat seorang perempuan saja. Kesimpulannya adalah Penelitian dilakukan dengan melalui 5 aspek kualifikasi profesi humas yaitu Kemampuan Berkomunikasi (Ability to communicate), Kemampuan Manajerial (Ability to organize), Kemampuan Bergaul/Membina Relasi (Ability to get on with people), Memiliki Kepribadian yang utuh dan jujur (Personal Integrity) dan Kemampuan Berimajinasi (Imagination).
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Sep 2022 01:24
Last Modified: 06 Sep 2022 01:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16359

Actions (login required)

View Item
View Item