Fenomena Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Generasi Z Siswa-Siswi Sd Negeri Corongan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta

Irawan, Ade (2022) Fenomena Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Generasi Z Siswa-Siswi Sd Negeri Corongan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Fenomena Penggunaan Aplikasi Tiktok Pada Generasi Z Siswa-Siswi Sd Negeri Corongan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. pp. 1-20.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (52kB)

Abstract

Semenjak munculnya revolusi industri 4.0 semakin memudahkan manusia untuk berkomunikasi satu sama lain, apalagi dengan kemajuan teknologi yang terus-menerus meningkat tanpa disadari memunculkan kebudayaan baru. TikTok merupakan salah satu aplikasi berbasis audio visual yang digunakan untuk berkomunikasi sekaligus sebagai media penghibur bagi penggunanya. Tujuan penelitian ini berfokus menggambarkan fenomena yang terjadi terkait perkembangan perilaku, pola pikir serta tindakan yang mempengaruhi siswa-siswi Generasi Z. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana peneliti akan melaksanakan wawancara. Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara dalam sifat terbuka, supaya saat dalam proses wawancara bisa mencairkan suasana, sehingga menimbulkan hubungan erat terhadap narasumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa muncul kebudayaan baru kepada para Siswa-Siswi SD Negeri Corongan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta dari berbagai macam video yang terdapat pada aplikasi TikTok memberikan motivasi, informasi, dan kepercayaan diri terhadap penggunanya.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Fenomena, Aplikasi TikTok, Generasi Z, SD Negeri Corongan Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:04
Last Modified: 22 Sep 2022 02:04
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16408

Actions (login required)

View Item
View Item