HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PENYESUAIAN DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU DI MASA PANDEMI COVID-19

Larra, Annisa Rahma (2022) HUBUNGAN ANTARA SELF-REGULATED LEARNING DENGAN PENYESUAIAN DIRI AKADEMIK PADA MAHASISWA BARU DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[thumbnail of Bab 5]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Full teks] Text (Full teks)
18081604_Annisa Rahma Larra_Naskah Lengkap Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara self-regulated
learning dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa baru di masa pandemi
covid-19. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara selfregulated learning dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa baru di
masa pandemic covid-19. Subjek penelitian ini berjumlah 125 orang yang memiliki
karakteristik sebagai mahasiswa baru di perguruan tinggi tahun 2021/2022 dan
telah menempuh pembelajaran secara online minimal 1 semester. Cara
pengambilan data menggunakan metode purposive sampling. Pengambilan data
penelitian ini menggunakan skala self-regulated learning dan skala penyesuaian
diri akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product
moment. Berdasarkan analisis data diperoleh koefisien korelasi (R) sebesar 0,734
dengan p = 0,000 (p < 0,01). Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan
positif antara self-regulated learning dengan penyesuaian diri akademik.
Diterimanya hipotesis menunjukkan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,538 yang
menunjukkan bahwa variabel self-regulated learning berkontribusi sebesar 53,8%
terhadap variabel penyesuaian diri akademik dan sisanya 46,2% dipengaruhi oleh
faktor lain yaitu kepribadian, proses belajar, kondisi fisik, lingkungan, serta budaya
dan agama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan kampus 3
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self-regulated learning, penyesuaian diri akademik, mahasiswa baru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:34
Last Modified: 22 Sep 2022 01:34
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16483

Actions (login required)

View Item
View Item