Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (Bei) (2017-2021)

Wahyudi, Addina (2022) Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (Bei) (2017-2021). Pengaruh Perputaran Kas, Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia (Bei) (2017-2021).

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.docx

Download (165kB)

Abstract

Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan suatu lembaga perusahaan yang didalamnya tercatat beberapa perusahaan manufaktur. Meningkatkan profitabilitas adalah salah satu tujuan utama dalam menjalankan perusahaan. Dari profitabilitas perusahaan dapat diukur baik atau tidaknya kinerja perusahaan tersebut. Rotasi tunai, penjualan akun dan gulungan inventaris merupakan variabel yang dapat mempengaruhi profitabilitas. Dengan menggunakan metode ROA (Return on Assets) dapat diketahui pengaruh antara perputaran kas, perputaran piutang dan perputaran persediaan terhadap profitabilitas pada Perusahaan manufaktur yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien perputaran kas sebesar 0.115, perputaran piutang sebesar 0.214 dan perputaran persediaan sebesar 0.190. Perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI dalam kurun waktu tima tahun terakhir memiliki profitabilitas yang baik dan cukup tinggi serta mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas; ROA; Bursa Efek Indonesia; Perusahan Manufaktur
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 07 Dec 2022 02:36
Last Modified: 07 Dec 2022 02:36
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/16834

Actions (login required)

View Item
View Item