SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI JURUSAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 SMA NEGERI 1 TELUK DALAM)

Bago, Selverius Nova Reta (2022) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI JURUSAN MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA NEGERI 1 SMA NEGERI 1 TELUK DALAM). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
Bab 1.pdf

Download (15kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPILARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi_Selverius Nova Reta Bago_17111086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses rekomendasi jurusan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teluk Dalam (SMA) dilakukan dengan cara melakukan ujian test pada masing-masing siswa, kemudian nilai yang diperoleh dihitung dan dijadikan sebagai acuan dalam merekomendasikan jurusan, peneliti menggunakan metode simple additive weighting dalam menghitung nilai siswa sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan merekomendasikan jurusan yang sesuai, dan selama penelitian penulis menemukan beberapa permasalahan yaitu banyaknya siswa sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses perhitungan dan sering terjadi kesalahan keakuratan hasil yang tidak sesuai.
Dan Sistem Pendukung keputusan rekomendasi jurusan dengan metode simple additive weighting berbasis website dibuat untuk memudahkan sekolah dalam merekomendasikan jurusan yang sesuai sekaligus memberi alternatif terhadap sekolah untuk mencari mekanisme penjurusan yang diinginkan berdasarkan kriteria dan bobot yang telah ditentukan. pada penelitian ini penulis menggunakan kriteria mata pelajaran matematika, fisika, biologi, bahasa inggris, dan sejarah. Adapun bobot yang sudah di tentukan yaitu [ 1, 0,8, 0,7, 0,5 0,3] dan hasil pengujian sistem pendukung keputusan rekomendasi jurusan berupa kuesioner memperoleh hasil 86%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Proses rekomendasi jurusan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Teluk Dalam (SMA) dilakukan dengan cara melakukan ujian test pada masing-masing siswa, kemudian nilai yang diperoleh dihitung dan dijadikan sebagai acuan dalam merekomendasikan jurusan, peneliti menggunakan metode simple additive weighting dalam menghitung nilai siswa sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan merekomendasikan jurusan yang sesuai, dan selama penelitian penulis menemukan beberapa permasalahan yaitu banyaknya siswa sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses perhitungan dan sering terjadi kesalahan keakuratan hasil yang tidak sesuai. Dan Sistem Pendukung keputusan rekomendasi jurusan dengan metode simple additive weighting berbasis website dibuat untuk memudahkan sekolah dalam merekomendasikan jurusan yang sesuai sekaligus memberi alternatif terhadap sekolah untuk mencari mekanisme penjurusan yang diinginkan berdasarkan kriteria dan bobot yang telah ditentukan. pada penelitian ini penulis menggunakan kriteria mata pelajaran matematika, fisika, biologi, bahasa inggris, dan sejarah. Adapun bobot yang sudah di tentukan yaitu [ 1, 0,8, 0,7, 0,5 0,3] dan hasil pengujian sistem pendukung keputusan rekomendasi jurusan berupa kuesioner memperoleh hasil 86%.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Teknik Informatika UMBY
Date Deposited: 14 Dec 2022 03:32
Last Modified: 14 Dec 2022 03:32
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17061

Actions (login required)

View Item
View Item