Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Merek Apple Pada Mahasiswa Di Yogyakarta

Wijaya, Senna Putra (2022) Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Merek Apple Pada Mahasiswa Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Psikologi.

[thumbnail of SKRIPSI FULL TEKS] Text (SKRIPSI FULL TEKS)
18081159_Senna Putra Wijaya_Naskah Publikasi.doc

Download (377kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk dan citra merek secara simultan terhadap minat beli pada merek Apple pada Mahasiswa di Yogyakarta dan pengaruh pengetahuan produk dan citra merek secara parsial terhadap minat beli merek Apple pada Mahasiswa di Yogyakarta. Hipotesis penelitian ini adalah : 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk dan citra merek terhadap minat beli, 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan produk terhadap minat beli, dan 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek terhadap minat beli. Subjek penelitian berjumlah 150 orang dengan kriteria mahasiswa aktif yang melakukan studi di Yogyakarta. Alat pengumpulan data menggunakan skala likert dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode probabilty sampling jenis random sampling dan menggunakan skala minat beli, pengetahuan produk, serta citra merek. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil analisis data diperoleh 1) Nilai signifikansi untuk pengaruh pengetahuan produk dan citra merek terhadap minat beli adalah 0,004 dan nilai F hitung 5,621. Hal ini menunjukkan pengetahuan produk dan citra merek berpengaruh terhadap minat beli. Berdasarkan nilai Adjusted R Square diketahui minat beli sebesar 5,8% dipengaruhi oleh pengetahuan produk dan citra merek. Sedangkan 94,2% dipengaruhi oleh variabel lainnya, 2) Nilai signifikansi pengaruh pengetahuan produk terhadap minat beli adalah 0,002 dan nilai F hitung 10,011. Hal ini menunjukkan pengetahuan produk berpengaruh terhadap minat beli, 3) Nilai signifikansi untuk pengaruh citra merek terhadap minat beli adalah 0,012 dan nilai F hitung 6,462. Hal ini menunjukkan citra merek berpengaruh terhadap minat beli.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Minat Beli, Pengetahuan Produk, Citra Merek
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Psikologi UMBY
Date Deposited: 17 Jan 2023 09:24
Last Modified: 17 Jan 2023 09:24
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17242

Actions (login required)

View Item
View Item