Penerapan Utaut Terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi Cloud Accounting Pada Umkm Sektor Ekonomi Kreatif Fashion Di Kota Yogyakarta

Farida, Nur (2022) Penerapan Utaut Terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi Cloud Accounting Pada Umkm Sektor Ekonomi Kreatif Fashion Di Kota Yogyakarta. Penerapan Utaut Terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi Cloud Accounting Pada Umkm Sektor Ekonomi Kreatif Fashion Di Kota Yogyakarta. pp. 1-15.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_Nur Farida_18061196.docx

Download (144kB)

Abstract

Keberadaan UMKM khususnya di DIY belum lepas dari adanya kendala, salah satunya adalah terkait pembukuan atau pembuatan laporan keuangan. Aplikasi Cloud Accounting hadir sebagai salah satu teknologi yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menguji minat pemanfaatan aplikasi Cloud Accounting pada UMKM sektor ekonomi kreatif fashion di Kota Yogyakarta melalui penerapan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah UTAUT yang terdiri dari ekspektasi kinerja, ekspektasi upaya, pengaruh sosial dan kondisi yang memfasilitasi. Metode peneliatian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu purposive sampling. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ekspektasi kinerja dan kondisi yang memfaslitasi berpengaruh pada minat pemanfaatan aplikasi Cloud Accounting. Sedangkan, ekspektasi usaha dan faktor sosial tidak berpengaruh terhadap minat pemanfaatan aplikasi Cloud Accounting.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: UTAUT, Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Faktor Sosial, Kondisi yang Memfasilitasi, Minat Pemanfaatan, Cloud Accounting, UMKM.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 18 Jan 2023 02:03
Last Modified: 18 Jan 2023 02:03
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17361

Actions (login required)

View Item
View Item