ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKANNYA UNDANG-UNDANG PERPAJAKAN TAHUN 2020 ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di BEI )

Saragih, Septian Riando (2022) ANALISIS PERBEDAAN KINERJA PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH DITERAPKANNYA UNDANG-UNDANG PERPAJAKAN TAHUN 2020 ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di BEI ). Skripsi thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of BAB SATU]
Preview
Text (BAB SATU)
BAB I.pdf

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of BAB DUA] Text (BAB DUA)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[thumbnail of BAB TIGA] Text (BAB TIGA)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[thumbnail of BAB EMPAT] Text (BAB EMPAT)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[thumbnail of BAB LIMA]
Preview
Text (BAB LIMA)
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia yang telah melakukan perubahan perundang- undangan pada tahun 2020 dibidang perpajakan terkait perubahan tarif pajak penghasilan wajib pajak perorangan dan wajib pajak badan. Perubahan tarif pajak mengalami penurunan yang awalnya 25% menjadi 22%, sehingga sangat berpengaruh terhadap laba yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, semakin tinggi tarif ajak maka akan semakin rendah laba yang dihasilkan, sebaliknya semakin rendah tarif pajak akan semakin tinggi laba yang dihasilkan oleh suatu perusahaan, karena laba disini yang mengindikasikan terhadap kinerja keuangan. Indikator kinerja keuangan yang di gunakan dalam penelitian ini merupakan bagian dari rasio keuangan, yaitu Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Dept to Equity Ratio (DER), dan Price Earnings Ratio (PER). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan antara periode sebelum dan sesudah adanya perubahan tarif pajak.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2019-2021. Sampel data studi ini terdiri dari 39 perusahaan. Pengambilan sampel melalui teknik Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu data-data keuangan berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang menjadi sampel dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan Return On Assets (ROA) pada periode sesudah adanya perubahan tarif pajak, terdapat perbedaan yang sigifikan Return On Equity (ROE) pada periode sesudah adanyan perubahan tarif pajak, terdapat perbedaan yang signifikan Dept to Equity Ratio (DER) pada periode sesudah adanya perubahan tarif pajak, serta tidak terdapat perbedaan yang signifikan Price Earnings Ratio (PER) pada periode sesudah adanyan perubahan tarif pajak. Penulis menyarankan perlu adanya penelitian lanjutan dengan menggunakan jenis perusahaan yang lebih spesifik lagi yang merupakan Trend atau jenis perusahaan yang memerikan kontribusi paling maksimal terkait dengan fenomena yang sedang terjadi atau perlu menambahkan indikator lain sebagai pelengkap dari rasio keuangan sebagai tolak ukur penilaian kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Perubahan Tarif Pajak, Kinerja Keuangan, Perusahaan Manufaktur
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:43
Last Modified: 30 Jan 2023 01:43
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17427

Actions (login required)

View Item
View Item