Pengaruh Stuktur Modal, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021

Ibori, Mariance (2022) Pengaruh Stuktur Modal, Likuiditas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2021. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI SKRIPSI.docx

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2018-2021. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari ringkasan performa perusahaan tercatat pada situs www.idx.co.id. teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah perusahaan yang digunakan sebanyak 10 perusahaan dengan jumlah observasi sebanyak 10 sampel. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur modal berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Variabel independen yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap nilai perusahaan adalah profitabilitas. Hasil koefisien determinasi mengindikasi bahwa struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas dapat menjelaskan variasi nilai perusahaan sebesar 1.9 % sedangkan sisanya sebesar 9,3% yang dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: pengaruh stuktur modal, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:40
Last Modified: 30 Jan 2023 01:40
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17446

Actions (login required)

View Item
View Item