Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

Danu, Yoba Prawira (2022) Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (83kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan Sub Sektor Semen yang terdaftat pada Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori legitimasi dan stakeholder. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor semen yang terdaftar di BEI periode 2017-2021 yaitu sebanyak 6 perusahaan. Analisis data dengan uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik (normalitas, multikolonieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi), uji regresi logistik dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR). Hal ini dapat disebabkan bahwa besar kecilnya ukuran perusahaan tidak mempengaruhi luas pengungkapan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan. Dan meskipun jumlah hutang sebuah perusahaan itu besar, tetapi jika perusahaan tersebut memiliki kepedulian dan tanggung jawab yang besar terhadap lingkungan sosialnya, maka perusahaan tersebut akan tetap melakukan Corporate Social Responsibility.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan UMBY Kampus 3
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Corporate Social Responsibility (CSR)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Program Studi Akuntansi
Depositing User: Akuntansi UMBY
Date Deposited: 30 Jan 2023 01:37
Last Modified: 30 Jan 2023 01:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17448

Actions (login required)

View Item
View Item