Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi Pada LPP RRI Ende Dalam Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran

Pia, Maria Yustika Studi Kualitatif Manajemen Komunikasi Pada LPP RRI Ende Dalam Mempertahankan Minat Pendengar Di Era Digitalisasi Penyiaran. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Komunikasi. pp. 1-20.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI (1) TIKA PIA.docx

Download (56kB)

Abstract

Munculnya teknologi komunikasi saat ini misalnya media massa, menciptakan pilihan bagi khalayak untuk mendapatkan sebuah informasi.Di tengah berkembangnya kanal media baru berbasis internet, radio tetap hadir untuk menyapa para pendengarnya. RRI Ende tidak hanya bersaing dengan media elektronik seperti televisi dan surat kabar, tetapi juga sekaligus bersaing dengan media digital atau media online yang lebih diminati karena aksesnya yang lebih mudah dan tidak terbatas agar dapat mempertahhankan minat pendengarnya di era digital sekarang ini. Oleh karena itu sebagai salah satu media penyiaran publik, untuk memepertahnkan jumlah pendengar di era digital ini, perlu memaksimalkan penerapan manajemen komunikasi yang tepat untuk mempertahankan minat pendengarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Bagaimana Manajemen Komunikasi Pada LPP RRI ENDE Dalam Mempertahankan Minat Pendengar di era digitalisasi penyiaran. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh penulis ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini ialah LPP RRI Ende mejalankan 4 fungsi manajemen komunikasi dalam perencnaan sendiri terdapat 4 bagian penting yaitu sasaran audiens, pemprograman, penganggaran, dan material. Yang kedua fungsi pengorganisasian yang dijalankan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing beradasrkan struktur organisasi yang ada, yang ketiga pengarahan dan memberikan pengaruh dengan cara memotivasi, komunikasi, kepemimpinan dan pelatihan. Dan yang terakhir fungsi pengawasan yaitu pengawasan secara internal dan eksternal. RRI Ende juga memefaatkan platform media sosial seperti facebook dan youtube serta RRI Net untuk mempertahankan minat pendengarnya di era digitalisasi penyiaran.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus III
Uncontrolled Keywords: Manajemen komunikasi, Radio, New Media
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:06
Last Modified: 30 Jan 2023 03:06
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item
View Item