Wacana Tentang Mistis Dan Moral Pada Film Kkn Di Desa Penari Melalui Pendekatan Analisis Wacana Teun A. Van Dijk Tahun 2022

Pangestu, Wanda Putri (2022) Wacana Tentang Mistis Dan Moral Pada Film Kkn Di Desa Penari Melalui Pendekatan Analisis Wacana Teun A. Van Dijk Tahun 2022. Wacana Tentang Mistis Dan Moral Pada Film Kkn Di Desa Penari Melalui Pendekatan Analisis Wacana Teun A. Van Dijk Tahun 2022. pp. 1-19.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
naskah publikasi.docx

Download (364kB)

Abstract

Film merupakan foto bergerak yang dilengkapi dengan audio sehingga menghasilkan gambar berupa video. Video yang disusun dalam film membentuk sebuah cerita yang dapat dengan mudah dipahami oleh masyarakat. Film KKN di Desa Penari merupakan film adaptasi dari kisah nyata yang dialami oleh mahasiswa yang sedang melakukan kuliah kerja nyata di desa yang disebut sebagai Desa Penari. Mereka mengalamikejadian mistis yang akhirnya diceritakan oleh SimpleMan yang ia bagikan di twitter. Peneliti menggunakan Analisis Wacan menurut Teun A. Van Dijk untuk mengetahui wacana yang ada pada film tersebut. Pada proses menganalisis wacana menggunakan tiga dimensi yaiu dimensi teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Berdasarkan analisis Van Dijk terdapat dua wacana yang ada pada film KKN di Desa Penari yaitu wacana mistis dan moral. Pada wacana mistis terlihat dari penggambaran adat di Desa Penari. Sedangkan, wacana moral digambarkan dengan bagaimana seorang mahasiswa yang berbuat tidak sopan disuatu tempat hingga mendapatkan hukuman.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: film, film KKN di Desa Penari, Analisis wacana, mistis dan moral.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:08
Last Modified: 03 Feb 2023 03:08
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17523

Actions (login required)

View Item
View Item