Film Dokumenter “Sahabat Matahari” Perancangan Karya Film Dokumenter ( Potret dibalik kehidupan Manusia Silver Wanita di Yogyakarta )

Pernando, Jeki Rizki (2022) Film Dokumenter “Sahabat Matahari” Perancangan Karya Film Dokumenter ( Potret dibalik kehidupan Manusia Silver Wanita di Yogyakarta ). Film Dokumenter “Sahabat Matahari” Perancangan Karya Film Dokumenter ( Potret dibalik kehidupan Manusia Silver Wanita di Yogyakarta ). pp. 1-11.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
01-02-23-naskah publikasi _Jeki Rizki Pernando.docx

Download (1MB)

Abstract

Kini, predikat tulang punggung keluarga yang biasa disematkan pada pria, mulai banyak diambil alih oleh wanita sebagai pencari nafkah utama. Pertukaran peran saat ini banyak terjadi karena adanya faktor penyebab yang menjadikan wanita mau menjadi tulang punggung. Tingginya angka kemiskinan dalam setiap Kabupaten atau Kota di DI Yogyakarta, membuat provinsi ini semakin dan terus terjadi permasalahan kemiskinan. Manusia silver adalah orang yang melumuri tubuhnya dengan cat berwarna silver untuk mengamen atau mengemis. Adapun pengertian lainnya, manusia perak adalah pengamen yang rela tubuhnya di cat semprot berwarna perak yang mengkilap, sehingga menarik perhatian orang-orang yang berlalu lalang. Adanya tuntutan ekonomi, membuat seorang wanita melakukan pekerjaan extreme sebagai manusia silver. Hal ini dilakukan guna menafkahi keluarga, termasuk untuk pendidikan anak-anak mereka. Menjadi manusia silver merupakan suatu pekerjaan yang hanya memerlukan modal yang sedikit, yaitu bermodalkan cat berwarna silver. Lain halnya jika mereka membuat usaha sendiri dan berdagang, yang membutuhkan modal dan tidak pasti akan keuntungan yang didapatkan. Mereka tidak bisa mengandalkan hasil dagang yang mengecewakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan demikian menjadi manusia silver adalah alternatif yang tepat bagi mereka untuk mendapatkan uang

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Wanita, Kemiskinan, Manusia Silver
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:37
Last Modified: 06 Feb 2023 02:37
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item
View Item