Memecut Nafkah Kesejahteraan Kusir Andong Di Diy” (Studi Deskriptif Kualitatf Kusir Andong Dalam Beradaptasi Pada Era Modern Dikawasan Malioboro Yogyakarta)

Huda, Ahmad Khoirul (2022) Memecut Nafkah Kesejahteraan Kusir Andong Di Diy” (Studi Deskriptif Kualitatf Kusir Andong Dalam Beradaptasi Pada Era Modern Dikawasan Malioboro Yogyakarta). Memecut Nafkah Kesejahteraan Kusir Andong Di Diy” (Studi Deskriptif Kualitatf Kusir Andong Dalam Beradaptasi Pada Era Modern Dikawasan Malioboro Yogyakarta). pp. 1-11.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.docx

Download (95kB)

Abstract

Kesejahteraan merupakan hal yang sangat penting untuk seseorang karena kesejahteraan berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari ini ini dikarenakan kesejahteraan merupakan kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan primer,sekunder dan tersier. Andong merupakan moda transportasi yang sudah ada sejak zaman dahulu bahkan dipergunakan sebagi angkutan bagi para bangsawan kerajaan. Namun hal ini tidaklah bertahan lama karena pergeseran zaman membawa andong melalu tranformasi dari angkutan para bangsawan hingga menjadi Ikon pariwisata. Kusir andong merupakan seseorang yang menjadi pengendali dari kuda dan kereta kecana oleh karenanya kesejahteraan mereka merupakan hal yang penting dikarenakan andong yang saat ini sudah menjadi Ikon pariwisata. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif menggunakan data hasil wawancara dan observasi lapangan langsung. Hasil dari penelitian ini kesejahteraan kusir andong belum terpenuhi dengan rentang penghasilan Rp 50.00-100.000. penghasilan ini belum terpotong biaya perawatan kuda sehari-hari dan kebutuhan kehidupan keluarga kusir andong.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan,Andong,Kusir Andong
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:42
Last Modified: 06 Feb 2023 02:42
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17552

Actions (login required)

View Item
View Item