Pengaruh Brand Ambassador Nct Dream Terhadap Brand Awareness Lemonilo

Anggraeni, Dwinta Sari (2022) Pengaruh Brand Ambassador Nct Dream Terhadap Brand Awareness Lemonilo. Pengaruh Brand Ambassador Nct Dream Terhadap Brand Awareness Lemonilo. pp. 1-17.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (455kB)

Abstract

Indonesia tercatat sebagai negara tertinggi kedua di dunia dalam mengonsumsi mi instan setelah China. Kebiasaan tersebut nyatanya berdampak buruk bagi kesehatan jika dilakukan terus-menerus. Lemonilo menjadi salah satu brand yang bersaing diantara melimpahnya produk mi instan di pasaran. Bedanya, Lemonilo hadir menawarkan aneka makanan sehat alami tanpa 3P (pengawet, pewarna sintetis, dan penguat rasa). Meskipun diklaim menjadi mi instan sehat tidak sertamerta banyak digandrungi pecinta mi. Sehingga tetap diperlukan kesadaran merek yang kuat untuk dapat terus bersaing. Memanfaatkan korean wave yang tengah naik daun, Lemonilo berhasil menggandeng NCT Dream sebagai brand ambassador mereka. Maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh brand ambassador NCT Dream terhadap brand awareness Lemonilo menggunkan metode kuantitatif korelasional. Adapun teknik sampel yang dipakai ialah disproportionate statified random sampling dengan batasan masyarakat Kabupaten Sleman berusia 17-35 tahun dan pernah atau mengetahui iklan kolaborasi Lemonilo x NCT Dream. Data didapatkan dari penyebaran angket kuesioner yang berpedoman pada teori VisCAP brand ambassador milik Royan dan teori brand awareness Aaker. Kemudian diolah dalam rumus regresi linear sederhana melalui aplikasi SPSS. Hingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan brand ambassador NCT Dream terhadap brand awareness Lemonilo. Dengan ringkasan indikator credibility 58%, visibility 55%, attraction 52%, dan 46% pada indikator power. Selanjutnya pada variabel brand awareness indikator tertinggi ada pada brand regocnation 51% kategori sangat tinggi, lalu brand recall 69% dan top of mind 42% pada kategori tinggi.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: brand ambassador, kesadaran merek, Lemonilo, mi instan, NCT Dream.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 06 Feb 2023 01:07
Last Modified: 06 Feb 2023 01:07
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item
View Item