Eksistensi Kesenian Ketoprak Disabilitas”Distrabudaya”Dalam Mempertahankan Budaya Leluhur Di Yogyakarta

Prabowo, Sasongko (2022) Eksistensi Kesenian Ketoprak Disabilitas”Distrabudaya”Dalam Mempertahankan Budaya Leluhur Di Yogyakarta. Eksistensi Kesenian Ketoprak Disabilitas”Distrabudaya”Dalam Mempertahankan Budaya Leluhur Di Yogyakarta.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
THE EXISTENCE OF ART OF KETOPRAK DISABILITY (1).docx

Download (1MB)

Abstract

Kesenian Ketoprak merupakan nilai budaya yang harus di lestarikan oleh semua orang. Panggung Tanpa Suara merupakan karya yang mempunyai tujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa ada salah satu kesenian yang unik dan wajib di tonton sehingga kedepanya Kesenian Distra Budaya bisa di pandang dan menjadi pembelajaran bagi masyarakat bertapa pentinya nilai – nilai yang ada di kesenian ketoprak.
Tahap produksi berlangsung dari bulan September 2019 – Februari 2020. Panggung Tanpa Suara adalah sebuah film documenter yang berdurasi 21 menit dengan tahap produksi yaitu wawancara narasumber dan pengambilan gambar mulai dari latihan sampai pentas seni.
Film dokumenter Film Panggung Tanpa Suara ini akan menceritakan bagaimana perjalanan Kesenian Ketoprak Distra Budaya mulai dari menceritakan sejarah terbentuknya yang akan di sampaikan oleh narasumber dan menampilkan proses pentas panggung kesenian ketoprak Distra Budaya berlangsung, menceritakan tentang mulainya menurunya daya tarik masyarakat sleman akan kesenian ketoprak.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Kesenian Distra Budaya, kesenian termakan waktu, Film Dokumenter
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 03 Feb 2023 06:17
Last Modified: 03 Feb 2023 06:17
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17565

Actions (login required)

View Item
View Item