Fans K-Pop Dan Persepsi Budaya Korea (Studi Deskriptif Kulalitatif Tentang Persepsi Budaya Korea Pada Komunitas Army Dan Exo-L Di Pekanbaru)

Ain, Syafira Qadatur (2022) Fans K-Pop Dan Persepsi Budaya Korea (Studi Deskriptif Kulalitatif Tentang Persepsi Budaya Korea Pada Komunitas Army Dan Exo-L Di Pekanbaru). Fans K-Pop Dan Persepsi Budaya Korea (Studi Deskriptif Kulalitatif Tentang Persepsi Budaya Korea Pada Komunitas Army Dan Exo-L Di Pekanbaru). pp. 1-13.

[thumbnail of NASKAH PUBLIKASI] Text (NASKAH PUBLIKASI)
Naskah Publikasi.docx

Download (28kB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman, perubahan budaya juga semakin kompleks. Budaya kini sepenuhnya berkaitan dengan ekonomi politik dan produksi budaya oleh kapitalitas. Salah satu perkembangan budaya yaitu Budaya Populer Korea atau yang biasa dikenal dengan Korean Wave. Korean wave termasuk budaya yang saat ini banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Berdasarkan fenomena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengertahui sejauh apa persepsi masyarakat terhadap budaya Korea.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana di dukung oleh sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada empat narasumber dan disertai dokumentasi dari berbagai sumber terkait K-pop. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari budaya Korea ini menimbulkan dampak bagi penggermar BTS dan EXO. Karakteristik budaya populer yang sesuai dengan penelitian ini yaitu pada popularitas dan budaya hiburan. Dimana karakteristik ini menjelaskan sangat berpengearuhnya perkembangan budaya popular Korea di kalangan masyarakat.
Implikasi hasil dari penelitian ini yakni perkembangan ilmu social dan budaya tentang budaya popular yang masuk serta berkembang begitu pesat perlu adanya pertimbangan terhadap setiap apa saja yang mereka lihat dan ikuti untuk menghindari agar dampak negative yang terdapat pada berkembangnya budaya popular Korea ini.

Item Type: Article
Additional Information/Lokasi Hardcopy: Perpustakaan Kampus 3 UMBY
Uncontrolled Keywords: Budaya Populer K-Pop, Fans, Persepsi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Ilmu Komunikasi UMBY
Date Deposited: 11 Feb 2023 02:30
Last Modified: 11 Feb 2023 02:30
URI: http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/17730

Actions (login required)

View Item
View Item